Jenis - jenis Tipe Hardisk Terlengkap

Selamat Siang Semua viewer sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Komponen - komponen jika postingan kemaren adalah Jenis - jenis Power Supply sebagai daya Komputer, kali ini adalah Jenis - Jenis Tipe Hardisk Terlengkap. Untuk anda yang mungkin bingung dengan jenis Harddisk anda / ingin membeli harddisk baru tetapi tidak tahu tipe Harddisk Anda, Pada Artikel ini akan di jelaskan sebanyak - banyaknya agar anda bisa mengetahui jenis Harddisk anda.

Harddisk

Jenis - jenis Tipe Hardisk Terlengkap
Hardisk merupakan Komponen terluar dari sebuah MotherBoard yang terdiri dari kumpulan piringan Madnetis yang sangat keras yang digunakan sebagai tempat direktori/data, Hardisk di hubungkan dengan sebuah kabel Power Supply dan juga kabel Data.
Hardisk Terdapat Dua Jenis yaitu hardisk yaitu :

1. Hardisk Internal
2. Hardisk Eksternal

Karena pada pembahasan Artikel Ini kita akan Membahas Hardisk Internal, untuk yang Eksternal akan saya tampilkan pada Kesempatan yang akan datang.

Berikut ini Jenis - Jenis Tipe Hardisk Terlengkap :

1. Hardisk ATA/EIDE

Jenis - jenis Tipe Hardisk Terlengkap
Jenis - jenis Tipe Hardisk Terlengkap









 


Advanced Technology Attachment atau ATA merupakan tipe Harddisk yang sering terpasang di perangkat komputer saat ini, namun penggunanya cenderung menurun dari tahun ke tahun. ATA mengusung 16 bit paralel yang sudah menjadi standar baku sejak tahun 1986. Teknologinya berkembang pesat, terutama dalam hal kecepatan transfer data.





Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer).


ATA-7 merupakan standar terakhir yang diperkenalkan secara resmi pada tahun 2001, kecepatan transfer data mencapai 133 MB/detik dan mengontrol perangkat komputer memakai 16 bit paralel.


2. Hardisk SATA




Jenis - jenis Tipe Hardisk Terlengkap

yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.

Kemampuan SATA jelasjauh melebihi ATA, mengandalkan kabel tipis, konektor 7-pin ukuran kecil dan transfer data super cepat. Panjang kabel hingga 1 meter (3 kaki) dan mudah diatur hingga aliran udara bebas masuk lebih optimal ke dalam casing Harddisk. SATA hanya butuh daya sekitar 250 mV sedangkan generasi terdahulu butuh daya 5 volt. Faktor tersebut berefek positif karena tegangan inti chip jadi lebih stabil.

3. Hardisk SCSI

Jenis - jenis Tipe Hardisk TerlengkapSCSI singkatan dari Small Computer System Interface, adalah sebuah antarmuka bus berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2 (American National Standards Institute). Antarmuka ini digunakan untuk menangani perangkat input/output
atau perangkat media penyimpanan Perangkat yang umum menggunakan SCSI adalah hard disk,CD-ROM, scanner atau printer.
SCSI (Small Computer System Interface) awalnya bernama SASI (Shugart Associate System Interface). SCSI biasa digunakan pada komputer server karena kemampuanya yang cepat dan kemampuan multitasking yang baik. SCSI berputar lebih cepat dari pada
Hardisk IDE, SCSI berputar sekitar 7200 sampai 10000 rpm, dan teknologi sekarang SCSI mampu berputar hingga 15000 rpm. Hardisk SCSI terdiri dari beberapa tipe seperti SCSI-1, SCSI-2, Ultra2 SCSI, dan Ultra3 SCSI.
Jenis - jenis Tipe Hardisk TerlengkapSCSI-1 memiliki dua macam kecepatanya itu 3.5 MB/detik atau 5 MB/detik, keduanya bekerja secara asinkron. Panjang kabelnya dapat mencapai 6 meter.
SCSI versi 2 diluncurkan pada tahun 1989. SCSI versi 2 ini ada 2 varianya itu :
1. Fast SCSI : memiliki kecepatan 10 MB/detik, 8 bit bus width
2. Wide SCSI : memilikikecepatan 20 MB/detik, 16 bit bus width
c. SCSI versi 3 muncul dengan 2 varianyaitu :
1. Ultra SCSI menggunakan bus width 8 bit
2. Ultra Wide SCSI menggunakan bus width 16 bit
Kedua varian ini memiliki 2x lebih cepat dari versi sebelumnya. Tetapi versi ini belum stabil.
Ultra-2 SCSI
Versi ini diluncurkan pada tahun 1997 dengan fitur LVD (Low Voltage Differential)
dan stabil. Versi ini memiliki 2 varianya itu :
1. Ultra2 SCSI memiliki kecepatan 40MB/detikdengan bus width tetap 8 bit
2. Ultra2 Wide SCSI memiliki kecepatan 80MB/detikdengan bus width nya 16 bit
Keduanya mampu menggunakan kabel sampai dengan 12 Meter.
Ultra-3 SCSI
Pada versi ini menambahkan fitur CRC (CylicRedudancy Check) error checking. Ultra-3
disebut juga Ultra-160 karena kecepatan Ultra-3 memang 160 MB/detik. Ultra-3 SCSI juga menawarkan pin SCSI yg lebih variatif.
Semakin cepat putaran sebuah harddisk maka data didalamnya lebih mudah diakses.
RPM harddisk SCSI lebih besar dari pada harddisk ATA ini berarti data pada SCSI lebih cepat diakses daripada data di ATA.
A. Seek Time : Seek Time adalah waktu yg dibutuhkan untuk mencari data. Seek Time SCSI harddisk juga jauh lebih cepat dibanding harddisk ATA
B. Kapasitas: Untuk kapasitas yg sangat besar, ukuran hardisk SCSI lebih besar dan berat dibandingkan ATA.
C. MTBF: MTBF (Mean Time Between Failuresm) adalah nilai daya tahan suatu produk yg ditentukan berdasarkan
penelitian atas produk tersebut. MTBF yg dimiliki oleh harddisk SCSI adalah 1 juta jam.
Sedangkan harddisk ATA hanya 500.000 jam. Ini berarti harddisk SCSI dapat dijalankan sampai dengan 1 juta jam lamanya, sedangkan harddisk ATA akan mati setelah 500.000 jam bekerja.
4. Hardisk RAID
RAID adalah pararel akses pada hard disk,yang sama dengan hard disk ialah san(storage area network) untuk DAPAT mengunakan raid dibutuhkan controller raid,dibutuhkan 2 hard disk.
macam macam raid:
1. Raid nol(mode stripping)
Prinsip kerja raid nol ialah => membagi data yang akan disimpan kedalam beberapa hard disk yang terpasang sekaligus.
kelebihan : Membuat kecepatan menulis komputer semakin cepat.
kelemahan : Membuat kecapatan Membaca computer menjadi lambat.
2. Raid 1
ialah proses penyimpanan data ke hard disk sama persis setiap hard disk.
kelebihan : Membuat kecepatan baca komputer semakin cepat.
kelemahan : Membuatkecepatan menulis tetap
3.Raid 0+1
ialah kombinasi antara raid nol dan raid satu
Mengoperasi software RAID
Mengoperasikan RAID menggunakan linux membutuhkan beberapa langkah yang harus di ikuti secara saksamana. pada bagian iniakan di jelaskan proses membuat RAID 5 menggunakan tiga(3)hardisk yang sudah di partisikan sebelumnya. partisi yang akan digunakan adalah…
/dev/hde1
/dev/hdf2
/dev/hdg1
5.  Hardisk SSD

Jenis - jenis Tipe Hardisk TerlengkapSetelah beberapa saat menggunakan Macbook Air revisi B dengan kecepatan prosessor 1.86Ghz dan kapasitas media penyimpanan berbasis SSD sebesar 128GB. Bagi anda yang mempertanyakan bahwa saat ini dengan harga SSD yang masih mahal, apakah layak untuk dibeli? Saya siap mengatakan YA!, walaupun pastinya banyak dari kalian yang tidak setuju. Mungkin pada awal tahun ketika harga SSD sebesar 64GB saja hampir berharga $1000 saya tidak akan pernah membelinya, tetapi penurunan harga SSD saat ini sudah cukup signifikan dibandingkan awal tahun. Pada generasi pertama Macbook Air, spesifikasi yang mempunya 64GB SSD saja harganya mencapai $3000. sedangkan sekarang dengan kapasitas 2 kali lipat, yaitu 128GB, harganya hanya sekitar menjadi $2500-an. Bayangkan apa yang akan terjadi pada tahun depan, tentunya saya akan selalu mengidamkan untuk mempunyai komputer berbasis SSD dengan kapasitas sebesar 500GB seharga $300. Hmm yummy.. Tentunya tidak akan terjadi dalam waktu yang cepat.

PRO DAN KONTRA SSD

Kelebihan :
  1. SSD besutan samsung yang menggunakan Multi-level Cell ini berumur panjang, diperkirakan bisa sampai 55 tahun. Tentunya tidak akan kita pakai selama itu.
  2. Tidak perlu adanya defragmentasi.
  3. Mempunyai Part yang tidak bergerak, sehingga anda bebas mengangkat dan membawa notebook dalam keadaan hidup ataupun ketika dalam masa sleep state kemanapun tanpa rasa khawatir akan kerusakan yang mengakibatkan korup dan hilangnya data.
  4. Tidak terlalu meyebabkan panas dan bunyi berisik.
  5. Konsumsi watt yang jauh lebih dikit.
Kekurangan :
  1. Harga yang masih relatif sangat mahal untuk sekarang ini.
  2. Lebih lambatnya proses write dibandingkan hardisk 7200rpm, tetapi semakin hari kekurangan ini semakin diperbaiki ditingkatkan.
  3. Teknologi yang relatif baru.
 Semua Pembahasan Tentang Jenis - Jenis Tipe Hardisk Terlengkap telah di akhir Pembahasan semoga apa yang telah di Posting Pada Pembahasan Artikel ini menambah Ilmu anda dan Juga mengetahui jenis Apakah Hardisk yang anda gunakan agar tidak salah kaprah. Untuk pertanyaan yang mengganjal silahkan Sertakan Komentar di Bawah Artikel ini. terima kasih Atas Perhatiannya
Previous
« Prev Post

0 Response to "Jenis - jenis Tipe Hardisk Terlengkap"

Post a Comment

Silahkan Teman teman Blogger yang ingin Meninggalkan Jejak
Berkomentarlah sesuai isi Topik Artikel, Jangan Nyepam dan memasukkan link hidup.
Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, Kami akan langsung merespon pesan yang Anda kirimkan

Terima Kasih atas kerja samanya

Powered by Blogger.