Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap

Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap
Selamat Malam Para Viewer, di malam yang cerah ini saya dari Rival's Blog yang masih semangat ini akan saya postingkan Artikel yang sangat bermanfa'at untuk anda semua.

 Postingan selanjutnya pada malam hari ini adalah Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap dan sesuai Judul kita akan membahas secara rinci dari Perangkat paling penting dalam Pheriperal sebuah bidang Komputer yang saling terhubung untuk membuat perintah - perintah dari Processor, baca Pengertian, Fungsi dan Jenis Processor pada artikel tersebut sudah di jelaskan keterkaitan Motherboard dan Processor 
  
I. Pengertian Motherboard

 Motherboard atau dalam bahasa Indonesia sering disebut papan induk yang merupakan perangkat keras komputer berupa papan dan merupakan salah satu perangkat yang sangat penting. Tempat dimana semua hardware komputer terpasang dan saling terhubung.

II. Fungsi Motherboard

Fungsi utama motherboard adalah sebagai penghubung antar perangkat keras komputer. Artinya motherboard memiliki tugas untuk menghubungkan kode antar perangkat keras untuk satukan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh motherboard sebagai penghubung perangkat utama dan perangkat keras tambahan, seperti Prosesor, RAM (Memory), Harddisk, DVD, Power Supply, VGA Card, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin membeli motherboard, Anda harus menyesuaikan dengan perangkat keras lainnya. Artinya, Anda harus menyesuaikan socket yang ada di Motherboard dengan hardware lainnya, seperti halnya Prosesor dan RAM.  Karena tidak semua motherboard memiliki bentuk socket yang sama.

 Di Indonesia sendiri sudah banyak merek-merek motherboard yang dijual di pasaran. Hal ini ditunjukan dengan persaingan yang ketat antara produsen mainboard. Seperti merek dan produk yang saat ini memiliki reputasi yang bagus di mata penggunanya: Gigabyte, MSI, Asus, ECS, dan lain sebgainya. Harganya pun bervariasi dan juga spesifikasinya.

III. Penjelasan Komponen Motherboard dan Fungsinya :

Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap


1. Soket Prosesor. Soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Jenis soket menentukan prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja. Untuk Selengkapnya Baca Pengertian, Fungsi dan Jenis Processor
2. Slot Memori. Slot ini digunakan untuk memasang memori utama komputer. Jenis slot memori juga berbeda-beda, tergantung sistem yang digunakannya.
3. Northbridge, merupakan sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.
4. Southbridge, sebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya.

Untuk No. 5, 7, 8 adalah Slot PCI Express, Slot AGP, Slot PCI silahkan baca Artikel Macam - macam VGA dan Sistemnya

6. Slot PCI Express x1, merupakan slot untuk memasang periferal (kartu atau card) lainnya selain kartu VGA, Contoh pada PCI Express USB 3.0 Adapter :



PCI Express USB 3.0 Adapter
Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap



Gb 5 PCI Express USB 3.0 adapter
Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0.
Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.

9. BIOS (Basic Input-Ouput System). Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.
10. Baterai CMOS, baterai khusus untuk memberikan daya pada BIOS.
11. Port SATA, merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.
12. Port IDE, merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.
13. Port Floppy Disk, digunakan untuk menghubungkan media removableatau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk.
14. Port Power, yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer.
15. Back Panel, merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC. Port atau colokan yang biasanya ada di belakang casing komputer PC adalah:

Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap


16. Port PS/2 Mouse, untuk menghubungkan mouse dengan komputer.
17. Port PS/2 Keyboard, untuk memasang keyboard.
18. Port Paralel, untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.
19. Port Serial, digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.
20. Port SPDIF, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.
21. Port Firewire, untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.
22. Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.
23. Port USB, digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.
24. Port Audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

Semoga yang telah di jelaskan dapat memberikan manfa'at dalam artikel  Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap, Sekian Terima kasih.
Previous
« Prev Post

0 Response to "Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap"

Post a Comment

Silahkan Teman teman Blogger yang ingin Meninggalkan Jejak
Berkomentarlah sesuai isi Topik Artikel, Jangan Nyepam dan memasukkan link hidup.
Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, Kami akan langsung merespon pesan yang Anda kirimkan

Terima Kasih atas kerja samanya

Powered by Blogger.