Fakta Unik Tentang Komputer

Hai Para Viewer kali ini saya akan memposting tentang Fakta Unik Tentang Komputer yang pastinya menarik dan mungkin juga akan menambah ilmu untuk para Viewer.


Komputer sepertinya sudah menjadi makanan pokok sehari hari, jika di sekolah terdapat pelajaran TIK maka di butuhkanlah yang namanya komputer, jika di kantor untuk mendata pastinya kita menggunakan komputer. pada artikel ini saya akan membahas tentang Fakta Unik Tentang Komputer yang didalamnya mengulas tentang berbagai fakta yang mungkin tidak pernah anda ketahui.


1. Pembuat komputer pertama di dunia

Sir Harold Thomas Flower. Dia adalah pembuat komputer elektronik pertama di dunia pada tahun 1941 yang bernama Colossus dan digunakan oleh Unit Pemecah Sandi Militer Rahasia Inggris untuk memecahkan kode transmisi radio NAZI.

Fakta Unik Tentang Komputer

Sir Harlot Thomas Flower memberi nama komputer pertama adalah ENIAC (Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Komputer) adalah komputer komersil pertama di dunia. Komputer ini beratnya 60,000 pon dan besarnya satu ruangan besar. ENIAC selesai dibuat tahun 1945. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer. Komputer ini tidak bisa menyimpan data.


2.  Orang terkaya di dunia karena software komputer





William Henry Gates atau lebih sering disebut dengan Bill Gates adalah orang terkaya di dunia selama 12 tahun terakhir ini (menurut majalah Forbel). Gates adalah pendiri dan ketua perusahaan Microsoft yang bergerak di bidang software. Dia juga pendiri perusahaan Corbis yang bergerak di bidang arsip citra digital.


3. Asal Mula Istilah Bug Pada Komputer

Fakta Unik Tentang Komputer



Istilah Bug berasal dari Bahasa Inggris yang artinya Serangga.Bug ditemukan di Komputer oleh Grace Murray Hopper dan Timnya, saat itu mereka sedang bekerja pada komputer kalkulator Relay Aiken Mark II University Hardvard. Lalu Komputernya bermasalah. Setelah di cari ternyata ada serangga pada Relay #70 yang kemudian menamakannya dengan istilah BUG. Kemudian hingga saat ini Bug menjadi Istilah Kerusakan Software Komputer.


4. Modem pertama

Sekitar tahun 1950an, bagian pertahanan udara Amerika meminta dibuatkan alat untuk mengirim data lewat telepon. Modem komersial pertama dibuat AT&T dan diluncurkan Bell 103 pada tahum 1962 dengan kecepatan 300 bit/detik. Pada tahun 1996 sudah ada modem dengan kecepatan 56.000 bit/detik.


5. Virus pertama yang menyebabkan kerugian tertinggi


Pada tahun 2004 SCO Group Inc. di Colorado terserang DDOS dari virus MyDoom worm. Kerugiannya hingga $38.5 milyar USD atau sekitar Rp.346.5 triliyun. SCO Group menghadiahkan $250,000 atau sekitar Rp 2.25 triliyun untuk menangkap pembuat virus MyDoom.B. Virus lain yang telah diketahui menyebabkan kerugian besar adalah : virus SoBig yang menyebabkan kerugian $37.1 miliar atau Rp 333.9 triliyun, virus Love Bug menyebabkab kerugian $15 miliar atau sekitar Rp 135 triliyun, dan virus Code Red yang menyebabkan kerugian hingga $2 miliar atau sekitar Rp 18 triliyun.


6. Web browser pertama


Fakta Unik Tentang Komputer

NCSA Mosaic dibuat oleh Marc Andreesen dari National Centre for Supercomputing Applications pada bulan April 1993 untuk keperluan khusus. Tapi WorldWideWeb yang dibuat Tim Berners-Lee pada bulan Desember 2000 dianggap sebagai web browser pertama karena penggunaannya yang luas. Namanya kemudian diganti jadi Nexus. Pada bulan Oktober 1994, Netscape mengeluarkan versi beta dari Mozilla dan menjadi web browser komersil pertama.


7. Website pertama

Sir Timithy John "Tim" Berners-Lee adalah orang pertama yang menciptakan world wide web pada agustus 1991. Situsnya adalah http://nxoc01.cern.ch.


8. Website komersil pertama

Pada bulan Oktober 1994 HotWired mulai berfikir untuk menerima pemasangan iklan di internet karena internet sekarang sudah digunakan oleh masyarakat luas. AT&T memasang banner 468 x 60 yang dipasang di situs HotWired site. Ini adalah keuntungan pertama dari internet. Pada tahun 1993 Dale Dougherty meluncurkan Global Network Navigator, yang dibeli AOL tahun 1995, inilah yang dianggap sebagai web site komersil pertama.


9. Webcam pertamakali digunakan

Tahun 1991, Paul Jardetzky, Qunetin Stafford-Fraser dan mahasiswa Cambrige University membuat program untuk menampilkan gambar secara on-line. Pada tahun 1993, web baru tersedia secara luas untuk semua pengguna internet.


10. Search engine pertama

Search engine pertama didesain untuk internet dibuat pada tahun 1993 dengan nama World Wide Web Warderer (Wadex). WebCrawler, 1994, adalah search engine pertama yang berdasarkan teks seperti search engine yang sekarang.


Demikian sebuah artikel yang mungkin bermanfa'at dan menambah wawasan anda semua para viewer dan terima kasih atas partisipasinya telah membaca artikel sederhana ini. Untuk mengetahui lebih lanjut sertakan Komentar untuk menanyakan lebih lajut artikel ini.
Previous
« Prev Post

0 Response to "Fakta Unik Tentang Komputer"

Post a Comment

Silahkan Teman teman Blogger yang ingin Meninggalkan Jejak
Berkomentarlah sesuai isi Topik Artikel, Jangan Nyepam dan memasukkan link hidup.
Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, Kami akan langsung merespon pesan yang Anda kirimkan

Terima Kasih atas kerja samanya

Powered by Blogger.