Pengertian & Fungsi Komponen Pada PC


Pengertian & Fungsi Komponen Pada PC
Hay Guys, kembali lagi di Blogger Masa Info Kini Jika sebelumnya Kita telah Membahas Tips - tips ketika Ganti Casing CPU, Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap, dan Pengertian, Fungsi dan Jenis Processor, Pada saat kemaren kita telah membahas tetang Komponen secara satu persatu, dan postingan pada kali ini akan di gabungkan untuk mempermudah dalam Pemahaman Sebuah PC. 

Jika Kemaren kita posting banyak mungkin pada hari ini terbatas karena saya masih anak sekolah yang pasti masih terdapat sibuk sibuknya karena saya anak SMK yang lebih banyak Prakteknya. Tetapi Jika Anda Bertemu Pada Artikel Pengertian & Fungsi Komponen Pada PC Anda tidak akan sia -sia karena Pemahaman pada Isi CPU merupakan hal yang sangat penting jika anda seorang Teknik Komputer untuk Mengetahui TroubleShooting sebuah PC

Oke langsung aja dari pada banyak Cingcang langsung Cekidot simak Artikel berikut

CPU Kepanjangan dari Central Processing Unit yang berfungsi sebagai pusat Pemrosesan Data dari Inputan yang kemudian di proses oleh CPU yang didalamnya terdapat Komponen yang saling terkait untuk melakukan Kegiatan - kegiatan sesuai Perintah dari Processor. Didalam CPU terdapat Komponen - komponen penting yaitu : MotherBoard, Processor, VGA, RAM dll

1. Casing


Pengertian & Fungsi Komponen Pada PCCasing Berguna Sebagai Tempat Melekatnya Komponen Agar terlindung dari benturan maka digunakanlah Casing, Casing ini juga fungsinya Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, Kotoran.
Apakah tanpa casing komputer bisa hidup? tentu saja bisa, karena seperti yang diterangkan diatas fungi dari casing komputer hanyalah untuk pelindung. Perangkat yang Melekat Pada dirinya seperti CD-ROM, Power Supply, Floppy Drive,  Harddisk, Front Panel, Front USB, Front Sound melekat pada bagian Depan Casing, lalu MotherBoard Terdapat Pada Bagian Dalam Samping. Jika Anda Berencana Mengganti Casing yang Baru anda harus mengerti Bentuk Ukuran Motherboard dan Pilih Casing Sesuai kebutuhan Anda, Selengkapnya akan Di jelaskan Pada Artikel Ini Tips - tips ketika Ganti Casing CPU



2. MotherBoard

Motherboard adalah sebuah Papan Elektronik Komponen sangat Penting pada CPU Semua Perangkat Terhubung Karena Sebuah Induk Komputer Ini / Motherboard memiliki IC yang memiliki tugaasnya sendiri sendiri sesuai dengan perangkat yang masuk dan di proses di processor kemudian melakukan pengoperasian. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut juga
Berbagai macam type motherboard yang dapat dijumpai dipasaran, type tersebut biasanya berdasarkan dari jenis processor. Pada Penjelasan ini hanya terdapat Kegunaan Motherboard Jika ingin mengetahui lebih lanjut Motherboard anda Bisa mengunjungi artikel ini Motherboard Penjelasan Rinci Beserta Gambar Terlengkap


3. VGA

Pengertian & Fungsi Komponen Pada PCVGA Kepanjangan dari Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat komponen yang berfungsi mengolah data grafis yang selanjutnya di Outputkan Tampilan. VGA terdapat dua jenis :
I) VGA OnBoard
    Maksudnya adalah VGA ini telah terpasang pada MotherBoard Bawaan Kelebihannya adalah kita tidak perlu membeli VGA Card lagi tapi kelemahannya adalah VGA OnBoard ini Memorynya tidak dapat ditambah jika anda seorang gamer.
I) VGA Card
 VGA Card ini sudah umum untuk para Gamer biasanya terdapat pada slot AGP pada MotherBoard dan VGA ini juga bisa diganti dan ditambah. Untuk Jenis - jenis VGA Card terbaik selanjutnya di bahas pada artikel ini  Macam - macam VGA dan Sistemnya


4. Sound Card



Pengertian & Fungsi Komponen Pada PCSound Card adalah sebuah rosesor audio untuk PC anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrol semua audio pada komputer.Pada Soundcard ini anda harus Install Driver agar Sound Card dapat Compatible.



5. Harddisk



Pengertian & Fungsi Komponen Pada PCHardisk Merupakan Tempat Penyimpanan Terbaik dari segala tempat Penyimpanan, yang menyimpan data onvensional secara mekanik yang terdapat dalam Piringan Besi bulat.
Semakin besar ukuran Harddisk maka akan banyak data yang bisa masuk dan juga berpengaruh pada Write Harddisk jika Harddisk memiliki Kapasitas yang Tinggi, Jenis - jenis Hardisk juga Banyak Mulai dari Hardisk ATA, SATA dll Jenis - jenis Tipe Hardisk Terlengkap Ukuran hardisk Juga Bervariasi mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera, hingga 3 Tera.



6. Power Supply


Pengertian & Fungsi Komponen Pada PC
 Power Supply dari namanya Power = Energi, Supply = Penyediaan, maka bisa diartikan sebagai tempat Arus Energi Listrik yang melakukan Penyediaan untuk Komponen CPU Mulai dari Harddisk, CD - ROM, Floppy Drive dan yang Paling Penting adalah MotherBoard dan Power Processor yang letaknya di samping Processor. Jika Anda ingin berniat mengganti Mother Board maka Power Supply juga harus diganti karena tiap daya setiap MotherBoard berbeda seperti : 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 600 watt, dan berkembangan mengikuti perkembangan teknologi Komputer. Jenis Power Supply Jenis - Jenis Power Supply Jika anda Kebingungan Jenis Power Supply.


7. CD-ROM


Pengertian & Fungsi Komponen Pada PCCD ROM DRIVE adalah sebuah perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi untuk memutar dan membaca piringan CD. CD ROM singkatan dari COMPACT DISK READ ONLY MEMORY. Nah, kata READ ONLY MEMORY ini berarti bahwa alat ini hanya bisa digunakan untuk membaca saja, dan tidak bisa menulis. Jika Anda ingin memutar CD dirumah Anda, maka alat ini bisa digunakan.

KEKURANGAN CD ROM
  • CD ROM DRIVE hanya bisa digunakan untuk membaca CD saja. Sedangkan jika untuk membaca DVD, perangkat keras ini belum bisa digunakan.
  • Jika Anda ingin mengisi CD kosong dengan data atau file lainnya maka alat ini tidak bisa digunakan untuk hal itu. Jadi solusinya jika ingin menulis atau mem-burning data ke CD, maka Anda harus menggunakan CD RW (Read Anda Write) Drive yang bisa membaca dan menulis CD.


 8. Floppy Drive

Pengertian & Fungsi Komponen Pada PC 
Pengertian
Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan komputer portable yang jaya pada era tahun 1990-an. Sempat populer karena dapat mengangkut file dari komputer ke komputer lain. Seiring perkembangan zaman Floppy Disk telah bergeser dan berkembang pesat ke teknologi yang lebih maju.

Fungsi
Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.

Sekian untuk anda belajar Komputer itu mudah asal ada keinginan untuk mengetahui ilmunya, Minimal anda bisa menghidupkan Komputer itu sudah merupakan suatu ilmu, dan ilmu patutnya juga harus dibagikan.

Oke sekian Postingan Rival's Blogger"GoodNight" semoga apa yang saya sampaikan Mudah dipahami dan dilaksanakan dengan baik.
Previous
« Prev Post

0 Response to "Pengertian & Fungsi Komponen Pada PC"

Post a Comment

Silahkan Teman teman Blogger yang ingin Meninggalkan Jejak
Berkomentarlah sesuai isi Topik Artikel, Jangan Nyepam dan memasukkan link hidup.
Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, Kami akan langsung merespon pesan yang Anda kirimkan

Terima Kasih atas kerja samanya

Powered by Blogger.