Kumpulan Versi Android Terlengkap



Hay Malam sobat, Mumpung saya sempet -sempetin nih saya akan  Berbagi Artikel Kumpulan Versi Android Terlengkap, karena sebelum menginjak pada Kategori Android, Perkenalan pada setiap Sistem Operasi itu juga sangat Di peruntukkan. Tanpa Basa Basi silahkan di simak Artikel Berikut.

I. Awal Mula Perjalanan Android Hingga saat Ini Populer

            Kumpulan Versi Android Terlengkap, Pada bulan Juli 2005, Google mencetuskan kerjasama dengan Android Inc. yang saat itu berlokasi di California, Amerika Serikat. Kala itu para pendiri Android.Inc beranggapan bahwa sistem operasi Android hanya diperuntukkan pada telepon seluler. Sehingga munculah isu bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler dengan menggandeng Android sebagai sistem operasinya.

            Akhirnya pada periode September 2007, Google memperkenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone GSM dengan sistem operasi berbasis Android. Google juga mengajukan hak paten atas aplikasi pada smartphone ini dan kemudian smartphone ini diproduksi oleh HTC Corporation dan mulai dipasarkan pada Januari 2010. Selain itu, pada September 2008 terbentuklah anggota-anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, yakni Sony Ericsson, Toshiba Corp, SoftBank, Vodafone Group dan beberapa perusahaan lainnya.

II. Perkembangan Versi Android Pada Waktu ke Waktu

            Sejak pertama kali diluncurkan hingga sekarang, Android senantiasa melakukan perbaruan melalui perbaikan bug dan penambahan fitur-fitur baru. HTC Dream yang dirilis pada Oktober 2008 merupakan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi berbasis Android. Hingga saat ini tak terhitung lagi berapa banyak smartphone yang mengusung Android sebagai sistem operasi.

            Mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta android jika tipe-tipe Android selalu berurutan abjad dan menggunakan nama-nama makanan.Pemberian nama tipe menggunakan nama makanan menjadikan keunikan tersendiri dari Android OS.




Android versi 1.0 (Astro)
Kumpulan Versi Android Terlengkap
Android 1.0, versi komersial pertama Android, dirilis pada 23 September 2008. Perangkat Android pertama yang tersedia secara komersial adalah HTC Dream. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini.



Android versi 1.1 (Bender)
Kumpulan Versi Android Terlengkap
Pada tanggal 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.


Android versi 1.5 (Cupcake)
Kumpulan Versi Android Terlengkap

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini, yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan kamera, mengunggah video ke youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan sistem.


Android versi 1.6 (Donut)
Kumpulan Versi Android Terlengkap

Donut (versi 1.6) dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech. (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.


Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Kumpulan Versi Android Terlengkap

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.


Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Kumpulan Versi Android Terlengkap

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan pembaruan secara otomatis dalam aplikasi Android Market.


Android versi 2.3 (Gingerbread)
Kumpulan Versi Android Terlengkap

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, desain ulang layar antar muka (User Interface), dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.


Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Kumpulan Versi Android Terlengkap

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multiprocessor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 telah banyak hadir di Indonesia. Perangkat yang pertama muncul bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus yang masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.


Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)
Kumpulan Versi Android Terlengkap

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Ice Cream Sandwich untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.


Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Kumpulan Versi Android Terlengkap
Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, user interface yang baru dan pencarian melalui voice search yang lebih cepat.

Kitkat Versi 4.4 (KitKat)
Kumpulan Versi Android Terlengkap
Kalau menyebut android yang satu ini pasti bayangan kita langsung tertuju pada produk snack wafer dari Nestle, ya memang android ini dinamai Kitkat dengan izin dari Nestle dan Hershey yang merupakan pemilik dari merk dagang "Kitkat". Android kitkat dirilis pada 31 oktober 2013, nama ini menjadi kejutan bagi para pecinta android di dunia, bukan hanya karena dinamai dengan produk yang sangat populer didunia namun juga karena isu yang sempat beredar bahwa versi berikutnya dari jelly bean akan diberi nama "Key Liem Pie".

Android Versi 5.0 (Lollipop)
Kumpulan Versi Android Terlengkap
Pembaruan utama terbaru versi Android adalah Lollipop 5.0, yang dirilis pada 3 November 2014. Lollipop adalah update Android paling besar dan ambisius dengan lebih dari 5.000 API baru untuk para developer. Perangkat yang menggunakan OS Android L ini akan mampu berintegrasi antar perangkat seperti smartphone, tablet dan smartwatch berbasis Android (Developers, 2014).


Android 6.0 (Marshmallow)
Kumpulan Versi Android Terlengkap
Marshmallow merupakan pemutakhiran yang akan datang untuk sistem operasi telepon genggam Android. Pertama diperkenalkan di Google I/O pada tanggal 28 Mei 2015, Marshmallow terutama akan berfokus pada perbaikan inkremental dan penambahan fitur lainnya.
Pratayang pengembang Android "M" dirilis pada tanggal 28 Mei 2015, untuk telepon genggam Nexus 5 dan Nexus 6, tablet Nexus 9, dan set-top box Nexus Player, di bawah nomor bentukan MPZ44Q. Pratayang pengembang ketiga (MPA44G) dirilis pada tanggal 17 Agustus 2015 untuk Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9 dan perangkat Nexus Player, dan diperbarui ke MPA44I yang membawa perbaikan yang berhubungan dengan profil Android for Work.


Android 7.0 (Nougat)


Kumpulan Versi Android Terlengkap
Google secara resmi mengumumkan OS Android 7.0 terbaru dikenal dengan nama Nougat, arti dari nougat dalam bahasa Indonesia secara rinci tidak ada karena ketika ditranslate hanya dideskripsikan sebagai bagian dari permen yang dibuat dengan gula atau madu, kacang panggang, putih telur kocok dan terkadang campuran dari irisan manisan buah. Konsistensi nougat kenyal, dan digunakan dalam berbagai permen dan cokelat.

Di Google I/O, sebelumnya telah diumumkan bahwa Google akan menerima pendapat dan saran yang masuk terkait pemberian nama yang bagus untuk update OS Android terbarunya, seperti kita ketahui bahwa setiap rilis OS ini merupakan urutan dari alphabet atau abjad yang berkelanjutan, namun keputusan finalnya ditentukan sendiri oleh pihak Google.

Di antara nama-nama yang diposting di situs web Google Android N adalah nachos, naan, nektar, Nut britle, dan banyak lagi. Tapi kemudian Nougat yang dipilih menjadi pemenangnya bergabung dengan Marshmallow, Lollipop, KitKat, Ice Cream Sandwich, dan semua ikon permen manis ala Android lainnya.

Demikian dari Kumpulan Versi Android Terlengkap beberapa Versi sampai yang terbaru yaitu Nougat, sesuai Update OS Android yaitu berawalan urut Alfabeth hingga sampai "N". Dan kira - kira apa Nama Versi "O" yang akan di rilis oleh Goggle Besok ??
Previous
« Prev Post

1 Response to "Kumpulan Versi Android Terlengkap"

  1. Wah.. ternyata versi android saat ini sampai nougat yah, jadi tambah ilmu dan info nih

    ReplyDelete

Silahkan Teman teman Blogger yang ingin Meninggalkan Jejak
Berkomentarlah sesuai isi Topik Artikel, Jangan Nyepam dan memasukkan link hidup.
Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, Kami akan langsung merespon pesan yang Anda kirimkan

Terima Kasih atas kerja samanya

Powered by Blogger.