Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual Termudah


Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual Termudah

            Oke Kembali lagi di Rival's Blog  yang setiap harinya (Insyaallah) Update Info dan segalanya,

            Daftar isi merupakan salah satu komponen wajib yang harus terdapat pada sebuah buku, skripsi, jurnal, maupun makalah. Tanpa adanya Daftar Isi si pembaca mungkin akan kebingungan dalam mencari halaman yang diinginkan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara praktis daftar isi di Microsoft Word sehingga mereka banyak membuang waktu dengan cara membuatnya secara manual.

            Maka dari itu saya akan mengulas trik membuat Daftar Isi secara praktis di Microsowt Word. Cara membuat daftar isi disini menggunakan dua cara yaitu : dengan cara Otomatis dan Manual.

A.          Daftar isi Otomatis

1.      Pertama tama cari contoh sebuah makalah, buku/ referensi sebagainya yang sekiranya terdapat pembagian materi. Saya mengambil contoh sebuah makalah.


2.      Kedua kita blok yang sekiranya akan kita buat sebuah daftar isi semisal (Bab 1 kita Blok) Terus dijadikan heading 1, setelah itu untuk heading 2 digunakan sebagai sub Heading, Contoh : “Proposal On The Job Training” kita blog heading 1 lalu “A. Latar Belakang” Heading 2, “B. Nama Kegiatan”, dst




3.      Setelah memberi heading 1 hingga seterusnya maka langkah selanjutnya adalah Membuat page Daftar Isi. Yaitu membuat halaman kosong untuk membuat page daftar isi.
4.      Pada Daftar isi kita tekan enter supaya dapat memberi jarak senggang antara tulisan Daftar Isi dengan isinya. Setelah Proses diatas lalu kita pergi ke tab References>>Table of content>>Insert Table of Content, akan muncul sebuah laman baru>> Setelah semua di atur sesuai keinginan tekan tombol OK




5.      Setelah selesai maka hasilnya akan seperti ini.


Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual Termudah

B. Daftar Isi Manual

            Daftar isi manual yang di maksud di sini adalah membuat singkat sebuah titik dan jarak sebuah daftar isi jadi semua ketikannya kita ketik secara manual tetapi untuk mempersingkat waktu kita hanya tinggal menekan Tab lalu terbentuk sebiah titik yang otomatis memanjang sesuai dengan ukuran yang kita tentukan tadi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial ini :


1. Pertama, seperti biasa untuk membuat sebuah daftar isi kita ambil contoh yang telah di     buat page daftar isi beserta Header dan Sub Headernya.

Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual Termudah
2. Kedua, blok semua yang akan di jadikan daftar isi, setelah itu klik kanan pilih Paragraph


3. Setelah muncul halaman Paragraph pilih Tabs pada pojok kiri bawah maka akan muncul halaman Tabs
4. Lalu atur Tab Stop Position “16.5”, Aligment “Left”, Leader “None” lalu tekan set. Ulangi lagi Tab Stop Position “15.5”, Aligment “Left”, Leader “…” lalu tekan set lagi lalu tekan OK.



6.      Setelah kita tekan ok, kita akan uji coba dengan menekan “Tab” di keyboard pada paragraf maka akan terbentuk.



            Sekian posting buatan dari saya, mohon ma’af apabila dari sekian cara masih terdapat kata – kata yang membingungkan, untuk pertanyaan silahkan tuangkan di Chat Box yang ada pada pojok kanan atas blogger, SALAM BLOGGER !!!
Previous
« Prev Post

0 Response to "Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual Termudah"

Post a Comment

Silahkan Teman teman Blogger yang ingin Meninggalkan Jejak
Berkomentarlah sesuai isi Topik Artikel, Jangan Nyepam dan memasukkan link hidup.
Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, Kami akan langsung merespon pesan yang Anda kirimkan

Terima Kasih atas kerja samanya

Powered by Blogger.